3.05.2008

Eclipse RSE - Remote Site Explorer

Ada beberapa alternatif web development pada shared host. Perangkat yang umum disediakan adalah cpanel. Akan tetapi cpanel tidak menyediakan usability selengkap feature desktop. Perangkat desktop commercial seperti Zend Studio atau Adobe Macromedia mungkin menjadi alternatif bagi yang memiliki budget untuk membeli lisensinya.

Alternatif bagi mereka yang mengenal eclipse platform untuk pengembangan web adalah menggunakan eclipse RSE, Remote Site Explorer. Eclipse RSE mendukung banyak protokol di antaranya; FTP, SSH, telnet (experimental), Unix, dan Windows.

untuk menginstall Eclipse RSE:
dari menu Help->Software Updates->Find and Install

masukkan New Remote Site dengan value sebagai berikut
http://download.eclipse.org/dsdp/tm/updates/2.0/

Dengan menggunakan RSE file editing langsung bisa dilakukan pada shared host dengan mengorbankan waktu untuk sinkronisasi dan upload-downlod file untuk local caching.

PS:
1. Eclipse RSE dengan ftp tidak dapat melakukan operasi copy paste folder
2. Development langsung di shared host tidak dianjurkan baik dari segi sekuritas maupun load network. check subversion kontrol seperti SVN untuk metoda pengembangan yang lebih mapan.
akan tetapi pengembangan software skala kecil sangat jarang menggunakan tools tersebut. setidaknya lebih efektif daripada mengunakan cpanel atau upload per file dengan ftp client

No comments:

Post a Comment